20 September 2017

KULIAH UMUM PERDANA MAGISTER MANAJEMEN
PROGRAM MM IBS TAHUN 2017

Kuliah perdana program MM IBS yang telah diselenggarakan pada tanggal 9 september 2017 di auditorium Indonesia Banking School, diisi dengan kuliah umum yang bertemakan¬† “A Leader’s Imperative on Decision Making and Cohesivity”, oleh Prof. Dr., Djoko Santoso Moeljono, SE., MA, yang juga merupakan anggota Honorable Faculty IBS.


Dengan pengalaman dan berbagai prestasi yang diraih dari berbagai bidang menunjukan bahwa sumbangsih beliau dalam ikut mendarma baktikan tenaga dan fikirannya diberbagai institusi yang pernah dipimpinnya adalah sangat besar. Beliau merupakan penulis yang produktif dan telah menghasilkan berbagai scientific paper serta buku-buku mengenai leadership dan human capital.


Beliau juga mempunyai pengalaman yang sangat mumpuni dibidang perbankan, dimana karirnya diiawali sebagai pegawai di Bank Ekspor Impor Indonesia pada Tahun 1971 hingga mencapai jabatan Direktur Bank Ekspor Impor Indonesia (1986-1992) dan Direktur Bank Rakyat Indonesia (1992-1993), serta selaku Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Tahun 1993-2000.

Materi yang disampaikan beliau merupakan ilmu yang sangat bergunan karena merupakan sharing dan pengalaman pribadi beliau didalam memimpin suatu lembaga dalam menghadapi masa-masa sulit dan bagaimana dapat tetap bertahan. Kunci dari keberhasilan tersebut adalah karena beliau dapat membangun fondasi yang kokoh dan budaya kerja organisasi dilembaga yang dipimpinnya.


Dari materi kuliah umum ini dapat disarikan bahwa Manusia sebagai makhluk sosial tidak mungkin bekerja sendirian, manusia memerlukan suatu kerjasama unggul dalam bentuk saling menghormati, untuk mengembangkan kohesivitas dalam usaha mencapai suatu tujuan bersama. Kedisiplinan yang kuat dan dilandasi oleh kehormatan yang tinggi, akan mampu dan berhasil dalam memenangkan persaingan.