25 Agustus 2017

Mahasiswa IBS Berpartisipasi dalam Kompetisi di Bursa Effek Indonesia.

Dalam rangka memperkenalkan kegiatan di pasar modal kepada masyarakat luas, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 21 Agustus 2017 telah menyelengarakan Kompetisi mengenai Investasi Pasar Modal melalui permainan saham Stocklab. Stocklab merupakan kompetisi simulasi yang bertujuan untuk  menarik antusiasme masyarakat dalam mengenal investasi di pasar modal, baik di sektor saham maupun reksa dana.


Kompetisi diikuti oleh Mahasiswa yang tergabung dalam galeri investasi dan berasal dari 26 kota di Indonesia. Peserta kompetisi dibagi baik secara ¬†berkelompok maupun individu yang saling berkompetisi melalui sebuah permainan investasi pasar modal dengan menggunakan media kartu sebagai sarana ¬†para peserta Kompetisi untuk melakukan Investasi, baik kartu saham, kartu emiten, maupun kartu aksi. Permainan ini juga mengenalkan kepada para peserta mengenai berbagai rumor yang akan mempengaruhi sentimen pergerakan suatu saham dan trading fee.

Direktur BEI, Nicky Hogan mengatakan bahwa kompetisi yang diikuti mahasiswa dan pelajar SMA ini mampu meningkatkan kesadaran akan investasi pasar modal bagi generasi muda. Selain itu, kompetisi ini tak hanya mencakup pemahaman tentang investasi, melainkan juga tentang aksi korporasi yang berkaitan dengan ¬†rights issue, dividen, dan stock split. 

Perwakilan dari Indonesia Banking School ada 7 orang peserta yang masing-masing sudah mempunyai pengalaman berinvestasi karena di mata kuliah sudah dipelajari dan di praktekan. Dalam kompetisi ini, mahasiswa IBS berhasil mendapatkan peringkat ke 4 dari 170 peserta. Pemenang dari perwakilan IBS yaitu Sdr. Ryan Rizki mendapat peringkat 4 kompetisi games investasi pasar modal 2017 untuk wilayah Jabotabek.