21 Agustus 2017

PERINGATAN HUT RI YANG KE 72

 

Upacara diselenggarakan di Kampus Bumi LPPI yaitu Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, dihadiri oleh para Pimpinan dan Pejabat dari YPPI, STIE IBS serta seluruh civitas akademika. Upacara berlangsung khidmat, namun kali ini ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena untuk pertama kalinya juga dihadiri para Tokoh dan Warga RW 05 Kemang, Kelurahan Bangka antara lain dari LMK, FKDM, PKK dan tokoh lainnya.


Pasukan pengibar bendera dan paduan suara terdiri dari mahasiswa/I IBS yang sudah mengikuti latihan selama 2 bulan sebelumnya, berlangsung tertib dan lancar karena mahasiswa/I IBS sudah terbiasa akan kerja bersama dan kedisiplinan.


Turut hadir dalam upacara tersebut salah satu pendiri dan sesepuh LPPI yaitu Bapak Rachmat Saleh. Adapun yang bertindak selaku komandan upacara kali iniĀ  adalah Ketua STIE IBS yaitu Bapak Subarjo Joyosumarto yang dalam pidatonya mengajak kita semua untuk meningkatkan semangat kerja dan pengabdian kepada Nusa dan Bangsa. Hal ini sejalan dengan tema nasional Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun 2017, yaitu “Indonesia Kerja Bersama”, dimana Pemerintah mengajak kita semua, khususnya generasi penerus pejuang kemerdekaan Negara Republik Indonesia untuk bersatu dalam cita dan karsa mengisi kemerdekaan.


Selaku Inspektur upacara, Bpk Subarjo Joyosumarto juga menekankan agar dalam mendukung tema peringatan hari kemerdekaan ke 72 tersebut, peranan IBS sebagai lembaga untuk menciptakan Pemimpin Perbankan di masa yang akan datang, harus terus selaras dan sesuai dengan Visi IBS yaitu menjadi Banking School yang unggul di ASEAN tahun 2025. Untuk itu perubahan yang signifikan sedang dilakukan oleh IBS antara lain menyempurnakan kurikulum perkuliahan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan industri keuangan perbankan yang ada saat ini, mengingat industri keuangan dan perbankan Indonesia akan bergabung dalam MEA pada tahun 2020.


Selanjutnya disampaikan pula bahwa langkah nyata yang dilakukan IBS agar para lulusannya menjadi tenaga kerja yang profesional dan berwawasan kebangsaan serta siap bersaing dalam pasar tenaga kerja di ASEAN adalah dengan membekali para mahasiswa dan alumni dengan kemampuan untuk menjadi pemuda pemudi yang memiliki soft skill dan hard skill yang sesuai dengan tuntutan industri. Adapun guna memperkuat pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, STIE IBS juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi di regional, yaitu Mudoch University Australia, Universiti Teknologi Mara Johor Malaysia, Khon Kaen University Thailand dan Tshwane University of Technology (TUT) Afrika Selatan. Diharapkan pada tahun 2020 yaitu pada saat industri keuangan dan perbankan bergabung dengan MEA, para alumni IBS telah siap berkiprah dalam pasar tenaga kerja ASEAN.


Upacara peringatan HUT RI yang ke 72 ditutup dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Bpk M. Yusuf selaku ketua program studi Akuntansi STIE IBS, dengan harapan agar bangsa Indonesia khususnya civitas akademi STIE IBS senantiasa diberikan kekuatan dan kemampuan untuk dapat melanjutkan cita-cita dan perjuangan para pahlawan kemerdekaan.