Kemahasiswaan

Untuk menunjang kegiatan mahasiswa baik dari kurikuler maupun non kurikuler IBS memfasilitasi mahasiswa dengan kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa IBS minimal satu kegiatan. Tujuannya agar mahasiswa memiliki keahlian tambahan selain keahlian sisi akademik. Berikut adalah daftar Unit kegiatan Mahasiswa yang ada di IBS:


1. UKM Futsal

Sebagai salah satu olah raga terfavorit di Indonesia, futsal digemari oleh hampir semua kalangan. Untuk mewadahi hal tersebut, IBS memfasilitasi mahasiswanya dengan menyediakan lapangan futsal indoor yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan mahasiswa.

Latihan rutin diadakan setiap hari senin dan kamis setelah perkuliahan usai. UKM futsal IBS juga sering mengikuti turnamen antar kampus yang diadakan oleh pihak eksternal. Untuk meningkatkan kemampuan para anggota UKM futsal IBS mendatangkan pelatih yang berkompeten dalam memberikan training mengenai teknik yang benar dalam bermain futsal.




2. UKM Bulu tangkis

Merupakan wadah bagi para mahasiswa yang memiliki minat dan bakatnya dalam bidang ekstra kurikuler Bulutangkis. UKM Bulu tangkis berlangsung setelah jam perkuliahan bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa IBS yang gemar dalam olahraga Badminton.

Dalam kegiatannya anggota UKM Bulutangkis diberikan pengetahuan dan teknik teknik dalam berlatih badminton yang baik, sehingga para anggota dapat meningkatkan dan  mengembangkan bakat yang mereka miliki, latihan rutin diadakan setiap Selasa setelah perkuliahan usai, bertempat di Mandiri Sport Centre  IBS. Adapun kegiatan perlombaan yang pernah di ikuti UKM Bulutangkis antara lain seperti : Bakrie Open, Pekan Olahraga Mahasiswa, UNJ Open, Tarakanita Open dan beberapa event lainnya.




3. UKM Basket

UKM Basket merupakan wadah dan sarana kegiatan bagi para mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam bidang olahraga basket untuk menyalurkan bakat dan hobi mereka. Selain berlatih bermain basket, para anggota juga belajar berorganisasi tetapi tetap mengutamakan pendidikan terlebih dahulu.


Latihan rutin UKM Basket IBS diadakan setiap hari Rabu dan Jum’at setelah perkuliahan usai, bertempat di Sport Center IBS. UKM Basket saat ini memiliki license A2 nasional dan berpengalaman dibidangnya selama lebih dari 20 tahun. Adapun kegiatan yang pernah diikuti antara lain, DBL League, Domestic Basketball League dibawah naungan NBL serta, Campus League disponsori oleh L.A.

 




4. UKM AIKIDO

Aikido merupakan seni beladiri yang mempunyai akar pertumbuhan dan budaya dari Jepang. Aikido merupakan manifestasi dari modernisasi pemikiran Jepang dengan selimut budaya Jepang tradisional. Hal ini membuat seni beladiri yang dikembangkan oleh Morihei Ueshiba sekitar tahun 1800-an sangat disukai. Ilmu bela diri aikido berasal dari sebuah tradisi bela diri kuno yang turun-temurun hanya dimiliki oleh sebuah keluarga istana.


IBS memiliki UKM Aikido yang bernama Dojo Kobayashi. Merupakan wadah bagi para mahasiswa yang memiliki minat dan bakatnya dalam seni bela diri. Anggota Aikido Kobayashi diikuti oleh Civitas dan Akademika IBS, baik mahasiswa, karyawan maupun dosen.  

 




5. UKM Pencinta Alam

UKM Pencinta alam IBS diberi nama Dunares berasal dari kata Duis Naturam Amatores merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang diresmikan pada tahun 2014.


Duis Naturam Amatores diambil dari bahasa latin yang berarti "Bankir Pecinta Alam" sesuai dengan nama universitas yaitu Indonesia Banking School.
Kegiatan Dunares umumnya berkisar di alam terbuka dan menyangkut lingkungan hidup. Jenis - jenis aktivitas yang dilakukan, diantaranya pendakian gunung (mountaineering) , pemanjatan (climbing), penelusuruan gua (caving), arung jeram (rafting), penghijauan, bahkan kegiatan - kegiatan yang bertemakan sosial lingkungan.

Tujuan didirikannya Unit Kegiatan Mahasiswa Dunares adalah untuk turut serta membina mahasiswa menjadi pribadi yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta almamater, melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan membentuk mahasiswa yang kreatif, dinamis, serta ikut bertanggung jawab atas keserasian, keselarsan, dan keseimbangan alam yang berwawasan lingkungan hidup.


Dunares sudah menaiki beberapa puncak gunung yang ada di pulau Jawa antara lain Gunung Semeru, Papandayan, Pangrango, Cikurai dan merbabu. Bagi para mahasiswa yang tertarik dapat mendaftarkan diri menjadi anggota Dunares .

 




6. UKM Paduan Suara

Paduan suara atau kor (bahasa Belanda, koor) merupakan istilah yang merujuk kepada ensembel musik yang terdiri atas penyanyi-penyanyi maupun musik yang dibawakan oleh ensembel tersebut. Umumnya suatu kelompok paduan suara membawakan musik yang terdiri atas beberapa bagian suara


UKM Paduan Suara merupakan wadah bagi para mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang olah vokal yakni Paduan Suara. Paduan Suara IBS sering mengisi Acara yang diadakan oleh perguruan tinggi  maupun Institusi yang ingin mengundang Paduan Suara  untuk mengisi acara. Anggota Paduan Suara IBS terdiri dari berbagai Angkatan dan Jurusan yang berbeda.


7. UKM Tari

Unit Kegiatan Mahasiswa Tari merupakan salah satu wadah bagi para mahasiswa yang ingin menyalurkan bakat dan minatnya dibidang seni tari, baik tari daerah maupun tari modern.


Latihan rutin UKM Tari diadakan setiap hari Rabu, yang bertempat di ruang kelas IBS yang beranggotakan sebanyak 45 orang. Adapun kegiatan yang pernah diikuti antara lain, Seismograf (lomba tari saman yang diadakan oleh UIN Jakarta), Piastro (lomba modern dance yang diadakan oleh fakultas psikologi UI), dan lomba tari saman yang diadakan oleh ESQ Bussines School. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dari mahasiswa IBS agar memiliki kemampuan akademik maupun non akademik yang baik.

 




8. UKM Sinematografi dan Fotografi

UKM SNF merupakan menjadi wadah bagi mahasiswa  yang memiliki minat dan bakat pada bidang Film dan Fotografi. Kegiatan yang dilakukan meliputi pembuatan Film pendek, dimana SNF sudah mengikuti beberapa event kompetisi film yang diadakan oleh pihak luar. Pada bidang fotografi SNF juga pernah mengikuti lomba Fotografi dan mengirimkan anggotanya berpartisipasi pada lomba untuk menambah pengalaman dalam melakukan pemotretan.


SNF melakukan pertemuan rutin setiap hari Jumat untuk membekali anggotanya ilmu seputar film dan fotografi. Selain itu SNF juga melakukan hunting lokasi pemotretan maupun pembuatan film.

 




9. UKM Student Research Center

SRC adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang disediakan oleh IBS yang sangat berkaitan erat dengan kegiatan riset maupun penelitian. UKM ini memiliki tujuan untuk membantu mahasiswa dan dosen IBS khususnya bagi yang sedang melakukan penelitian, baik melalui pembuatan jurnal maupun pelatihan-pelatihan yang membantu penelitian tersebut. Selain itu SRC juga sebagai UKM yang mewadahi para mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan dan pengetahuanya dalam mempelajari isu-isu yang berkembang dalam dunia ekonomi yang dapat disalurkan dalam bentuk tulisan atau diskusi. SRC biasanya melakukan pertemuan rutin setiap hari selasa sore setiap minggunya.



10. UKM Galeri Investasi 

Merupakan wadah bagi para mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam dunia investasi, Galeri Investasi IBS bekerja sama dengan salah satu perusahaan sekuritas ternama yaitu Sinarmas Sekuritas. Tujuan didirikannya Galeri Investasi adalah untuk membekali Mahasiswa IBS pengetahuan tentang cara berinvestasi yang benar di pasar modal melalui program yang ditawarkan oleh Sinarmas Sekuritas.


Mendorong investor tradisional bergeser menjadi investor pasar modal dengan memberikan gambaran kelebihan investasi di pasar modal dibandingkan investasi lainnya. Selain itu, dengan adanya Gallery investasi ini dapat meningkatkan kesejahteraan dari mahasiswa dengan cara memberikan alternatif berinvestasi di pasar modal.



11. UKM Band

UKM band merupakan Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Indonesia Banking School (IBS) yang bergerak di kesenian dalam bidang musik khususnya. Melihat postensi dan bakat dari mahasiswa IBS serta peminatan yang cukup besar, maka UKM band ini diaktifkan kembali pada tahun 2014 setelah vakum sejak tahun 2011.


UKM band memiliki jadwal rutin latihan setiap hari jumat setelah jam perkuliahan berakhir. UKM band secara aktif tampil di setiap acara yang diadakan oleh organisasi mahasiwa IBS untuk menghibur dengan kemampuan musik yang mereka miliki. UKM band juga memiliki kegiatan rutin lainya, yaitu tampil dalam acara “Live Music” yang rutian diadakan di hari jumat, pada minggu ke tiga setiap bulanya.


Selain kegiatan internal kampus UKM band juga aktif mengikuti kegiatan eksternal kampus. Kegiatan yang di lakukan seperti perlombaan antar kampus serta mengikuti event musik lainya.