21 April 2016

Lokakarya Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI

Indonesia Banking School, pada Rabu 6 April 2016 telah mengadakan Lokakarya Penyusunan Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sebagai narasumber adalah Dr. Illah Sailah (Koordinator Kopertis II),  Ir. Indra Darmawan (mantan pegawai BRI Kantor Pusat), Junaidi Hasom (Direktur Human Capital BNI Syariah), Dr. Hendang Tanudjaja CPA ( KAP Darmawan, Hendang dan Yogi) , Dr. Bahtiar Usman, MM ( Universitas  Trisakti) dan Ersa Tri Wahyuni PhD, CA., Ak (Universitas Padjajaran. Acara tersebut dibuka pada pukul 09.00 WIB  oleh Ketua Indonesia Banking School Dr. Subarjo Joyosumarto.


Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)  menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Parameter deskripsi kualifikasi KKNI dirumuskan dalam sikap dan tata nilai, kemampuan di bidang kerja, pengetahuan yang dikuasai, serta hak/wewenang dan tanggung jawab. Didalam paparan Dr, Illah Sailah selaku Koordinator Kopertis III menyampaikan sekitar 58 % - 60% program  strata 1 masih belum memenuhi Skilllulusannya.


Dengan terlaksananya lokakarya penyusunan kurikulum ini Indonesia Banking School, diharapkan bisa menyempurnakan kurikulum ditahun 2016 nantinya. Karena evaluasi dan penyempurnaan kurikulum diperlukan untuk mendapatkan hasil lulusan terbaik yang dibutuhkan oleh dunia industri terutama kebutuhan lima tahun yang akan datang.