30 Agustus 2016

 

The 3rd International Confrence on Business,
Economic and Social Science
ICBESS 2016

 

International Conference on Business, Economics and Social Sciences (ICBESS) merupakan salah satu konferensi internasional dibidang ekonomi, bisnis, ilmu sosial yang rutin dilaksanakan dalam 3 tahun terakhir. ICBESS merupakan sebuah forum interdisipliner untuk pertemuan ilmiah internasional antara mahasiswa, dosen, dan profesor dari berbagai bidang penelitian dan berbagai kebudayaan. Kegiatan ini melibatkan ilmuwan muda, mahasiswa S1, mahasiswa pascasarjana, mahasiswa PhD, dan semua orang yang tertarik dalam penelitian ekonomi, bisnis, dan ilmu sosial. ICBESS menitikberatkan pada program ilmiah dan pendidikan yang berkualitas tinggi. ICBESS 2016 berfokus pada topik utama "Managing Global Competition Issues on Economics, Business and Social Science Research Enhancing a Sustainable Economic Environment".


ICBESS mengundang sekitar 200 peserta penyaji dan non penyaji dari lebih 60 negara setiap tahun. Konferensi internasional ini diadakan setiap tahun pada bulan Agustus, pertama di Bali, kedua di Lombok dan ketiga di Bali. Tahun ini ICBESS berlangsung dari 10 - 11 Agustus 2016.


Acara dilanjutkan dengan parallel session conference dilanjutkan cocorrent session II dan III. Pemakalah dan audience dibagi pada beberapa ruangan  berdasarkan topik  yang menjadi concern masing-masing presenter. Terdapat 4 paper dari IBS yang diterima pada konferensi internasional ini. Namun hanya 3 paper yang dipresentasikan konferensi ini. Adapun judul yang dipresentasikan Alvien Nur Amalia dan Anna Sardiana adalah The Implementation of POJK 45/2015 On The Banking Financial Performance in Indonesia: An Analysis; Sulistyowati dan Puspita berjudul Analysis Of Gold Investment In Islamic Banking: Quantitative Simulation Of Gold Farming; Puspita dan Sulistyowati berjudul Analysis of Factors Affecting International Banking Activities: A Focus On the Transactions of Islamic International Trade Financing (Case Study in XYZ Sharia Bank). Seluruh delegasi IBS mendapat kesempatan presentasi pada Cocurrent session II di Shinta Ballroom. Masing-masing presenter diberi kesempatan untuk presentasi selama 10 menit dan 5 menit tanya jawab. Cocurrent Session III selesai lebih awal, yaitu pada pukul 17.00 WITA sehingga peserta dan pemakalah dapat kembali ke hotel untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan acara pada malam harinya. Pada pukul 19.00 WITA acara dilanjutkan dengan Gala Dinner di Beach Gate Discovery Kartika Plaza hotel Kuta Bali hingga pukul 22.00 WITA.


Cocurrent session IV  dilanjutkan pada pukul 08.00 WITA dan diakhiri setelah Cocurrent session V pada pukul 11.00 WITA. ICBESS 2016 ditutup dengan keynote speech oleh Prof Vo Van Sen dari Vietnam National University yang kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama. ICBESS 2016 didukung 29 Co-Host, dihadiri oleh 200 peserta dari 7 negara diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapore, Vietnam, Thailand, United Arab Emirates Nigeria dengan 92 makalah yang  dipresentasikan.